DESAIN DAN STRUKTUR SYMBIAN


Desain
Symbian fitur pre-emptive multitasking dan perlindungan memori , seperti sistem operasi lain (terutama yang dibuat untuk digunakan pada komputer desktop). Pendekatan EPOC untuk multitasking terinspirasi oleh VMS dan didasarkan pada peristiwa berbasis server asynchronous.
Symbian OS diciptakan dengan desain sistem tiga prinsip dalam pikiran:
– integritas dan keamanan data pengguna adalah yang terpenting,
– kali pengguna tidak boleh terbuang, dan
– semua sumber daya yang langka.

Sebagai langkah terbaik untuk mengikuti prinsip-prinsip, Symbian menggunakan mikrokernel , memiliki pendekatan permintaan panggil balik ke layanan, dan memelihara pemisahan antara user interface dan mesin. OS dioptimalkan untuk perangkat rendah daya dasar baterai dan untuk sistem berbasis ROM (misalnya fitur seperti XIP dan entrancy kembali terbagi dalam perpustakaan). Aplikasi, dan OS itu sendiri, mengikuti desain berorientasi objek: Model-view-controller (MVC) .
Kemudian OS iterasi diencerkan ke pendekatan ini karena dalam menanggapi permintaan pasar, terutama dengan diperkenalkannya kernel real-time dan keamanan model platform dalam versi 8 dan 9.
Ada penekanan kuat pada konservasi sumber daya alam yang dicontohkan oleh spesifik pemrograman idiom-Symbian seperti descriptorsdan cleanup stack . Ada beberapa teknik serupa untuk ruang disk melestarikan (meskipun pada perangkat Symbian disk biasanya flash memory ). Selanjutnya, semua program Symbian adalah berdasarkan aktivitas, dan CPU diaktifkan ke mode daya rendah ketika aplikasi tidakdi jalankan. Hal ini dicapai melalui idiom pemrograman yang disebut objek aktif . Demikian pula pendekatan Symbian ke benang dan proses didorong dengan mengurangi overhead.
Kernel Symbian ( EKA2 ) mendukung cukup cepat real-time respon untuk membangun core telepon tunggal di sekitarnya – yaitu, telepon di mana inti prosesor tunggal mengeksekusi kedua pengguna aplikasi dan sinyal stack . ini memungkinkan ponsel Symbian EKA2 menjadi lebih kecil, lebih murah dan lebih efisien daripada pendahulu daya mereka.

Struktur
Symbian Sistem Model berisi lapisan berikut, dari atas ke bawah:
– UI Framework Layer
– Aplikasi Layanan Layer
– Java ME
– OS Layanan Layer
– OS layanan generik
– layanan komunikasi
– multimedia dan jasa grafis
– konektivitas layanan
– Layanan Base Layer
– Layanan Kernel & Hardware Interface Layer
Layanan Base Layer merupakan tingkat terendah yang dapat dicapai oleh-sisi operasi pengguna; itu meliputi File Server dan User Library, sebuah Plug-In Kerangka yang mengelola semua plug-in, Toko, Tengah Repository, DBMS dan layanan kriptografi. Ini juga termasuk Teks Window Server dan Shell Teks: dua pelayanan dasar dari mana port sepenuhnya fungsional dapat dibuat tanpa perlu untuk setiap layanan lapisan yang lebih tinggi.
Symbian memiliki mikrokernel arsitektur, yang berarti bahwa minimum yang diperlukan adalah dalam kernel untuk memaksimalkan ketahanan, ketersediaan dan responsif. Ini berisi sebuah scheduler , pengelolaan memori dan driver perangkat, namun jasa lain seperti jaringan, telepon dan filesystem dukungan ditempatkan di OS Layanan Layer atau Layanan Base Layer. Dimasukkannya device driver berarti kernel bukanlah microkernel itu benar. EKA2 kernel waktu nyata, yang telah disebut sebagai nanokernel , hanya berisi yang paling primitif dasar dan membutuhkan kernel diperpanjang untuk melaksanakan setiap abstraksi lain.
Symbian dirancang untuk menekankan kompatibilitas dengan perangkat lain, terutama media removable sistem file. Awal pengembangan EPOC menyebabkan mengadopsi FAT sebagai sistem file internal, dan ini tetap, namun berorientasi ketekunan model-obyek itu diletakkan di atas FAT yang mendasari untuk memberikan POSIX gaya antarmuka-dan model streaming. Format data internal mengandalkan menggunakan API yang sama yang menciptakan data untuk menjalankan semua manipulasi file. Hal ini mengakibatkan data-ketergantungan dan kesulitan yang berhubungan dengan perubahan dan migrasi data.
Ada jaringan besar dan subsistem komunikasi, yang memiliki tiga server utama yang disebut: Etel (EPOC telephony), ESOCK (EPOC socket) dan C32 (bertanggung jawab untuk komunikasi serial). Masing-masing memiliki sebuah skema plug-in. Sebagai contoh ESOCK memungkinkan berbeda “. PRT” protokol modul untuk menerapkan berbagai skema protokol jaringan. subsistem ini juga berisi kode yang mendukung berbagai komunikasi link-pendek, seperti Bluetooth , IrDA dan USB .
Ada juga sejumlah besar user interface (UI) Code. Hanya kelas dasar dan substruktur yang terkandung dalam Symbian OS, sedangkan sebagian besar user interface aktual yang dikelola oleh pihak ketiga. Hal ini tidak lagi terjadi. Tiga UIS utama – S60, UIQ dan MOAP – disumbangkan untuk Symbian pada tahun 2009. Symbian juga mengandung grafis, tata letak teks dan perpustakaan font rendering.
Semua C Symbian asli + + aplikasi yang dibangun dari tiga kelas kerangka yang didefinisikan oleh arsitektur aplikasi: aplikasi kelas, kelas dokumen dan pengguna kelas aplikasi antarmuka. Kelas-kelas ini membuat perilaku aplikasi mendasar. Fungsi yang diperlukan yang tersisa, tampilan aplikasi, data model dan interface data, diciptakan secara independen dan berinteraksi hanya melalui API mereka dengan kelas-kelas lain.
Banyak hal lain yang belum cocok dengan model ini – misalnya, SyncML , Java ME menyediakan satu set API di atas sebagian besar OS dan multimedia . Banyak dari mereka adalah kerangka kerja, dan vendor diharapkan untuk menyediakan plug-in untuk kerangka kerja dari pihak ketiga (misalnya, Helix Player untuk multimedia codec ). Hal ini memiliki keuntungan bahwa API untuk daerah seperti fungsionalitas yang sama pada banyak model ponsel, dan bahwa vendor mendapatkan banyak fleksibilitas. Tapi itu berarti bahwa vendor telepon yang diperlukan untuk melakukan banyak pekerjaan integrasi untuk membuat telepon Symbian OS.
Symbian termasuk referensi-antarmuka pengguna yang disebut “TechView”. Ini menyediakan dasar untuk kustomisasi awal dan adalah lingkungan di mana uji Symbian banyak dan contoh kode yang berjalan. Hal ini sangat mirip dengan antarmuka pengguna dari 5 Seri pribadi organizer Psion dan tidak digunakan untuk antarmuka pengguna telepon produksi.
Sedangkan necara umum arsitektur Symbian OS sendiri dapat gambarkan menjadi empat lapisan berdasarkan penggunaan API yang tersedia, yaitu :
Lapisan pendukung aplikasi (Application Utility Layer)
Lapisan ini terdiri dari berbagai pendukung yang berorientasi pada aplikasi. Hal ini memungkinkan aplikasi lain (diluar sistem operasi) untuk berintegrasi dengan aplikasi dasar yang tersedia pada sistem operasi. Bentuk layanan lain termasuk proses pertukaran data dan manajemen data.
Lapisan layanan dan framework antarmuka grafis (GUI Framework)
Lapisan ini merupakan framework API yang tersedia untuk memberi dukungan terhadap penanganan input user secara grafis maupun suara yang dapat digunakan oleh aplikasi lain.
Lapisan komunikasi
Lapisan ini berfungsi sebagai sistem operasi yang fokus diimplementasi pada peralatan komunikasi mobile, Symbian OS memiliki kumpulan API yang fokus pada lapisan komunikasi. Bagian teratas pada lapisan ini terdapat dukungan pencarian dan pengiriman pesan teks. Berikutnya adalah antarmuka yang memberi dukungan komunikasi seperti Bluetooth dan infrared (IrDA) serta USB. Yang terakhir pada lapisan ini adalah protokol komunikasi berupa TCP/IP, HTTP, WAP dan layanan telepon.
Lapisan sistem API dasar
Lapisan ini merupakan kumpulan API yang mendukung pengasksesan data memori, tanggal dan waktu, serta sistem dasar lainnya.

Klasifikasi Sistem Operasi
Klasifikasi ini berdasar fungsionalitas dan hak akses dari API tertentu. Tujuan dari pendefinisian sistem ini selain untuk membedakan API mana saja yang bisa diakses oleh aplikasi yang dibuat oleh pihak pengembang aplikasi, juga tetap memelihara integrasi dari layanan yang disediakan bagi pihak pengembang aplikasi dengan API yang umum digunakan. Hal ini juga dilakukan untuk memaksimumkan interoperabilitas antara berbagai produk yang menggunakan Symbian OS.
Terdapat empat kategori dalam klasifikasi API yang tersedia, yaitu:
(API) Symbian Umum
Komponen ini merupakan komponen (API) inti dari Symbian OS. Setiap pengembang aplikasi dapat berasumsi bahwa komponen ini terdapat pada setiap versi Symbian OS sehingga dapat digunakan pada setiap perangkat telepon bergerak yang menggunakan Symbian OS sebagai sistem operasinya. Dengan kata lain setiap kode program yang hanya menggunakan API pada kategori ini dapat dikompail dan dijalankan tanpa kesalahan pada setiap telepon yang menggunakan Symbian OS. Dengan adanya lisensi kerjasama, pengembang aplikasi dapat menambahkan dengan syarat tidak mengganti ataupun mengubah fungsi API standar yang dikategorikan pada bagian ini.
(API) Symbian Umum Tergantikan
Komponen yang memerlukan kostumisasi dari komponen Symbian Umum yang diperlukan untuk bekerja dengan ROM dari sistem dimana ia diinstal. Komponen ini merupakan komponen yang bekerja pada low-level dari hardware tertentu. Untuk mendapatkan komponen ini pihak pengembang aplikasi memerlukan lisensi dengan pihak Symbian karena versi komponen ini disediakan oleh pihak Symbian. Namun pada dasarnya komponen ini merupakan komponen standar (umum) yang tersedia pada semua versi Symbian OS.
(API) Symbian Opsional
Komponen-komponen ini sifatnya opsional (tidak selalu ada) pada semua versi Symbian OS. Namun jika tersedia, maka pengembang aplikasi mendapat jaminan bahwa aplikasinya dapat menggunakan API pada kategori ini pada versi Symbian OS yang sama.
(API) Symbian Opsional Tergantikan
Bentuk kategori ini mirip dengan kategori Symbian Opsional adalah kumpulan API yang tidak terikat dengan API umum yang ada pada versi Symbian OS dan dapat ditambahkan oleh pihak pengembang dengan suatu lisensi dari pihak Symbian.
Di Sunting dari: http://wikipedia.com

  1. Mantap… ayo tukeran link

    pasang link websiteku http://mazumam.web.id/

    ntar blogmu tak pasang di webku😀

  1. Maret 2nd, 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: