SISTEM KEAMANAN


Malware

Symbian OS tunduk pada berbagai virus, yang paling dikenal di antaranya adalah Cabir . Biasanya ini mengirim diri dari ponsel ke ponsel melalui Bluetooth. Sejauh ini, tak ada satupun yang mengambil keuntungan dari setiap kelemahan dalam Symbian OS – sebaliknya, mereka semua menanyakan pengguna apakah mereka ingin menginstal perangkat lunak, dengan peringatan yang agak menonjol yang tidak bisa dipercaya.
Namun, dengan melihat bahwa rata-rata pengguna telepon selular tidak perlu khawatir tentang keamanan, Symbian OS 9.x mengadopsi kemampuan model UNIX (pengijinan per proses, bukan per objek). Perangkat lunak yang diinstal secara teoritis tidak dapat melakukan hal-hal yang merusak (seperti biaya uang pengguna dengan mengirim data jaringan) tanpa ditandatangani secara digital – sehingga membuatnya dilacak. Komersial pengembang yang mampu biaya dapat mengajukan permohonan untuk memiliki perangkat lunak mereka menandatangani melalui Symbian Signed program. Pengembang juga memiliki pilihan diri menandatangani program mereka. Namun, serangkaian fitur yang tersedia tidak termasuk akses ke Bluetooth, IrDA, GSM CellID, panggilan suara, GPS dan beberapa orang lainnya. Beberapa operator telah memilih untuk menonaktifkan semua sertifikat selain sertifikat Symbian Signed.

Beberapa program bermusuhan lainnya tercatat di bawah ini, tetapi semuanya masih memerlukan masukan dari user untuk menjalankan.
– Drever.A adalah SIS file trojan berbahaya yang mencoba untuk menonaktifkan startup otomatis dari Simworks dan Symbian Kaspersky Anti-Virus aplikasi.
– Locknut.B adalah berbahaya SIS file trojan yang berpura-pura menjadi patch untuk ponsel Symbian S60 mobile. Ketika terinstal, menjatuhkan biner yang akan crash komponen sistem pelayanan kritis. Ini akan mencegah aplikasi apapun dari yang diluncurkan di telepon.
– Mabir.A pada dasarnya Cabir dengan fungsi MMS ditambahkan. Keduanya ditulis oleh penulis yang sama, dan kode saham banyak kesamaan. Hal ini menyebar menggunakan Bluetooth melalui rutinitas yang sama seperti varian awal Cabir. Sebagai Mabir. Sebuah mengaktifkan itu akan mencari ponsel pertama yang ditemukan, dan mulai mengirim salinan dirinya sendiri ke telepon itu.
-Fontal.A adalah file SIS trojan yang menginstall file rusak yang menyebabkan telepon untuk gagal reboot. Jika pengguna mencoba untuk reboot ponsel terinfeksi, maka akan secara permanen menempel pada reboot, dan tidak dapat digunakan tanpa disinfeksi – yaitu, penggunaan memformat ulang kombinasi tombol yang menyebabkan telepon kehilangan semua data. Menjadi trojan, Frontal tidak dapat menyebar dengan sendirinya – cara yang paling mungkin bagi pengguna untuk mendapatkan terinfeksi akan menjadi untuk mendapatkan file dari sumber terpercaya, dan kemudian menginstallnya ke telepon, secara tidak sengaja atau sebaliknya.

Hacking Symbian

S60 v3 dan v5 (OS 9.x) perangkat dapat hacked untuk menghapus keamanan platform diperkenalkan di OS 9.1 dan seterusnya sehingga memungkinkan pengguna untuk menginstal file “unsigned” (file tanpa sertifikat yang sah oleh Symbian) dan memungkinkan akses ke file sistem yang sebelumnya terkunci. [18] Hal ini memungkinkan mengubah cara kerja sistem operasi, yang memungkinkan aplikasi dll tersembunyi dapat dilihat dan mungkin meningkatkan ancaman virus ponsel sebagai file sistem operasi sekarang terkena. [19]

PENGEMBANGAN SYMBIAN OS

Qt

Pada 2010, SDK untuk Symbian adalah standar C + +, menggunakan Qt . Hal ini dapat digunakan dengan baik Pencipta Qt , atau Carbide (IDE lebih tua yang sebelumnya digunakan untuk pembangunan Symbian). [20] [21] Sebuah simulator telepon memungkinkan pengujian aplikasi Qt. Aplikasi dikompilasi untuk simulator disusun untuk kode asli untuk platform pengembangan, daripada harus ditiru. [22]

Symbian C + +

Hal ini juga memungkinkan untuk mengembangkan menggunakan Symbian C + +, meskipun bukan penerapan standar. Sebelum rilis SDK Qt, ini adalah lingkungan pengembangan standar. Ada beberapa platform berdasarkan Symbian OS yang diberikan SDK untuk pengembang aplikasi yang ingin menargetkan perangkat Symbian OS – yang utama yang UIQ dan S60. produk ponsel individu, atau keluarga, sering memiliki ekstensi SDK atau SDK didownload dari situs pabrikan juga.
SDK berisi dokumentasi, file header dan file-file library yang dibutuhkan untuk membangun perangkat lunak Symbian OS, dan sebuah-berbasis Windows emulator (“WINS”). Sampai versi OS Symbian 8, SDK juga termasuk versi GCC compiler (sebuah kompilator silang ) diperlukan untuk membangun perangkat lunak untuk bekerja pada perangkat.
Symbian OS 9 dan platform Symbian menggunakan baru ABI dan membutuhkan sebuah kompiler yang berbeda – pilihan compiler tersedia termasuk versi terbaru dari GCC (lihat link eksternal di bawah).
Sayangnya, Symbian C + + programming memiliki curam kurva belajar , seperti Symbian C + + memerlukan penggunaan teknik khusus seperti deskripsi, objek aktif dan cleanup stack. Hal ini dapat membuat bahkan program yang relatif sederhana sulit untuk diterapkan daripada di lingkungan lain. Selain itu, hal itu dipertanyakan apakah teknik ini, seperti paradigma manajemen memori, yang benar-benar menguntungkan. Ada kemungkinan bahwa teknik, dikembangkan untuk perangkat mobile jauh lebih terbatas tahun 1990-an, hanya disebabkan kompleksitas yang tidak perlu dalam kode sumber karena programmer diharuskan untuk berkonsentrasi pada rutinitas tingkat rendah bukan aplikasi-fitur yang lebih spesifik. Isu-isu namun tidak lagi terjadi ketika menggunakan standar C + +, dengan SDK Qt.
Symbian C + + pemrograman ini biasanya dilakukan dengan sebuah IDE . Untuk versi sebelumnya dari Symbian OS, IDE komersialCodeWarrior untuk Symbian OS disukai. Alat CodeWarrior digantikan selama tahun 2006 oleh Carbide.c + + , sebuah Eclipse IDE berbasis-yang dikembangkan oleh Nokia. Carbide.c + + ditawarkan dalam empat versi yang berbeda: Express, Developer, Profesional, dan OEM, dengan tingkat peningkatan kemampuan. Fitur software yang sepenuhnya dapat dibuat dan dirilis dengan edisi Express, yang bebas. Fitur-fitur seperti desain UI, kecelakaan debugging dll tersedia di lain, dikenakan-untuk, edisi. Microsoft Visual Studio 2003 dan 2005 adalah juga didukung melalui Carbide.vs plugin.

Bahasa lain

perangkat Symbian juga dapat diprogram dengan menggunakan Python , Java ME , Flash Lite , Ruby , . NET , Web Runtime (WRT) Widget dan Standard C / C + +. [23]
Visual Basic programmer dapat menggunakan NS Basic untuk mengembangkan aplikasi untuk S60 3rd Edition dan UIQ 3 perangkat.
Di masa lalu, Visual Basic, VB.NET, dan C # pengembangan untuk Symbian yang dimungkinkan melalui AppForge Crossfire, sebuah plugin untuk Microsoft Visual Studio. Pada 13 Maret 2007 AppForge menghentikan operasinya, Oracle membeli kekayaan intelektual, tetapimengumumkan bahwa mereka tidak berencana untuk menjual atau menyediakan dukungan untuk produk AppForge mantan. Net60 , sebagai. kompak NET framework untuk Symbian, yang dikembangkan oleh redFIVElabs, dijual produk komersial. Dengan Net60, VB.NET dan C # (dan lainnya) kode sumber dikompilasi menjadi bahasa intermediate (IL) yang dijalankan dalam Symbian OS menggunakan just-in-time compiler. (Pada 18/1/10 RedFiveLabs telah berhenti pengembangan Net60 dengan pengumuman ini pada halaman arahan mereka: “Pada tahap ini kita mengejar beberapa pilihan untuk menjual IP sehingga Net60 yang mungkin terus memiliki masa depan”.)
Ada juga versi dari Borland IDE untuk Symbian OS. Symbian OS pembangunan juga diperbolehkan di Linux dan Mac OS X menggunakan alat dan teknik yang dikembangkan oleh masyarakat, sebagian diaktifkan oleh Symbian merilis kode sumber untuk alat utama. Sebuah plugin yang memungkinkan pengembangan aplikasi Symbian OS di Apple Xcode IDE untuk Mac OS X tersedia. [24]
Java ME aplikasi untuk Symbian OS adalah dikembangkan dengan menggunakan teknik standar dan alat-alat seperti Sun Java Wireless Toolkit (dahulu J2ME Wireless Toolkit). Mereka dikemas sebagai JAR (dan mungkin JAD) file. Baik CLDC dan CDC aplikasi dapat dibuat dengan NetBeans . Peralatan lainnya termasuk SuperWaba , yang dapat digunakan untuk membangun Symbian 7.0 dan 7.0 program menggunakan Java.
Nokia S60i ponsel juga dapat menjalankan Python script ketika juru bahasa Python untuk S60 diinstal, dengan custom made API yang memungkinkan untuk mendukung Bluetooth dan semacamnya. Ada juga sebuah konsol interaktif untuk memungkinkan pengguna untuk menulis skrip python langsung dari ponsel.

Penyebaran

Setelah dikembangkan, aplikasi Symbian perlu mencari rute ke ponsel pelanggan. Mereka adalah dikemas dalam SIS file yang dapat diinstal over-the-air, melalui PC terhubung, Bluetooth atau pada kartu memori. alternatif adalah untuk bermitra dengan produsen telepon dan memiliki perangkat lunak yang disertakan di ponsel itu sendiri. Aplikasi harus Symbian Signed untuk OS Symbian 9.x untuk memanfaatkan kemampuan tertentu (sistem kemampuan, kemampuan terbatas dan kemampuan produsen perangkat). [25] Aplikasi tidak menggunakan kemampuan ini (termasuk kemampuan pengguna hanya membutuhkan) bukannya dapat self -ditandatangani gratis. Ada berbagai hacks, yang memungkinkan untuk menginstal program unsigned dengan kemampuan untuk Symbian OS 9.x. Nokia juga berencana untuk mengurangi biaya untuk Symbian Signed ke nol. [26] [27]

    • Armanto
    • Maret 20th, 2011

    Tank’s bro atas info nya.

    • yups,sama- sama…
      thanks udah mampir…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: